Body Plane pada radiologi

Anatomi umum

Radiografer harus menguasai seluruh pengetahuan mengenai anatomi Psikologi dan osteologi untuk menghasilkan sebuah radiograf yang menunjukkan bagian-bagian tubuh yang diinginkan. Anatomi adalah istilah yang diterapkan untuk ilmu struktur tubuh. Psikologi adalah studi atau ilmu fungsi organ-organ tubuh. Osteologi adalah studi detail mengenai pengetahuan tubuh yang berhubungan dengan tulang tulang.
Radiografer harus mempunyai pemahaman umum mengenai sistem sistem tubuh dan masing-masing fungsinya. Perhatian khusus harus diberikan untuk menghasilkan pemahaman yang menyeluruh seputar sistem Skeleton atau rangka dan petunjuk-petunjuk permukaan yang digunakan pada lokasi bagian-bagian tubuh yang berbeda. Hal penting yang harus diperhatikan adalah bahwa radiografer harus dapat memvisualisasikan struktur-struktur internal yang akan di radiograf. Dengan menggunakan petunjuk-petunjuk eksternal radiografer dapat secara tepat memposisikan bagian tubuh untuk menghasilkan radiograf diagnostic sebaik mungkin.

Body Plane 
Dimensi itu penuh tubuh manusia dapat dilihat dari posisi anatomi. Dapat dibagi secara efektif melalui penggunaan gambaran bidang tubuh. Potongan bidang tubuh ini mengiris seluruh tubuh pada tingkat yang ditentukan dari segala arah. Berikut 4 bidang tubuh yang berdasar dalam radiografi : 

1. Sagital 
Sagittal plane membagi seluruh tubuh atau bagian tubuh menjadi bagian kiri dan kanan. Bidang ini membagi tubuh secara vertikal melalui depan ke belakang. Mid sagital Point adalah spesifikasi dari bidang sagital yang mana merupakan garis tengah dari tubuh dan membagi tubuh menjadi bidang bagian kiri dan bagian kanan..

2. Coronal
Coronal Plane membagi seluruh tubuh atau bagian tubuh menjadi bagian anterior dan posterior. Bidang ini membagi tubuh secara vertikal melalui Sisi satu ke Sisi Lainnya. Mid Coronal Plane adalah spesifikasi bidang sagital yang mana merupakan garis tengah dari tubuh dan membagi tubuh menjadi bagian anterior dan posterior..

3. Horizontal 
Bidang ini membagi tubuh menjadi bagian Superior dan inferior atau bagian bawah. Biasanya juga disebut transverse, axial / cross sectional plane.

4. Oblique
Oblik atau bidang miring adalah bidang-bidang yang tidak sesuai dengan ketiga spesifikasi ketiga bidang sebelumnya. Bidang bidang miring dapat berlokasi di sembarang lokasi seperti yang digunakan untuk pemeriksaan hati pada MRI.


Gambar : bidang tubuh



Gambar : mid sagital plane ( membagi tubuh menjadi bagian kiri dan bagian kan )
Mid coronal plane (membagi tubuh menjadi bagian anterior dan posterior) 

Gambar 


















Sumber
Ballinger, W, Philip, 2003.
Merril’s Atlas of radiographic Position Radiologic Procedure Vol : 2, 10th Edition. Mosby, St Louis.

Comments

Popular posts from this blog

sifat -sifat sinar alfa, beta, gamma dan X

BNO Sonde

teknik pemeriksaan radiografi caudografi