Apa itu MRI ?

 Apa itu MRI ( Magnetic Resonance Imaging ) ?

MRI ( Magnetic Resonance Imaging  )adalah suatu ilmu kedokteran dalam bidang  diagnostic radiologi dengan teknik pemeriksaan noninvasif yang  memberikan informasi anatomi dan fisiologis.  MRI adalah modalitas pencitraan cross-sectional berbasis komputer. Energi yang digunakan MRI sepenuhnya berbeda dari CT Scan  dan radiologi  konvensional. MRI menciptakan gambar

struktur melalui interaksi medan magnet  berkekuatan 0.064 – 3 Tesla dan gelombang radio dengan jaringan

tanpa menggunakan radiasi. Dengan kata lain, MRI adalah pemeriksaan medis untuk melihat dalam organ  tubuh menggunakan medan magnet dan gelombang radio, tanpa menggunakan radiasi.


MRI biasanya dilakukan atas permintaan dokter. Pemeriksaan MRI biasanya dilakukan untuk pasien pasien dengan gangguan pada otak, saraf tulang belakang ( saraf kejepit ), jaringan lunak dan organ organ lainnya. 



Dalam pelaksanaannya da juga yang menggunakan obat obat khusus (kontras) untuk memperjelas hasil gambarannya, terutama pada kasus kasus tumor. 



Apa kegunaan MRI ?


Dengan MRI, kita dapat melihat isi dalam tubuh tanpa melakukan pembedahan. 


Tujuan MRI adalah pemeriksaan ini menghasilkan gambaran organ tubuh dengan kualitas dan resolusi yang baik, sehingga sangat membantu dokter memberikan diagnosa secara akurat terhadap Kesehatan pasien. 

MRI juga lebih unggul dalam mendeteksi bebrapa kelainan pada jaringan lunak. Dan dapar memperlihatkan gambaran anatomi dari berbagai sudut, tanpa merubah posisi pasien. 



Kelebihan MRI dibandingakan dengan CT Scan


MRI lebih baik dalam mendeteksi kelainan pada jaringan lunak ( otak, sumsum tulang belakang serta otot), memberikan gambaran lebih jelas dan detail, dan tidak menggunakan radiasi. 

Pengambilan gambaran MRI ada banyak parameter, pemilihan parameter yang tepat akan menghasilkan gambaran MRI yang lebih teliti



Pemeriksaan MRI digunakan untuk sakit apa 

Pemeriksaan  Brain : Stroke, fungsi otak, pendarahan, tumor, Kelaina bawaan, epilepsi, aneurisma, angioma, atrofi dll

Pemeriksaan Tulang Belakang : LBP, HNP. Tumor, infeksi dll

 Pemeriksaan Abdomen : untuk melihat hati, ginjal, kantong dan saluran empedu, organ ginekologis, prostat, dll

Dan masih bnyak lainnya 

Comments

Popular posts from this blog

sifat -sifat sinar alfa, beta, gamma dan X

BNO Sonde

TEKNIK kV TINGGI ( High kV Technique )