HASIL GAMBARAN RADIOLOGI

 Hasil gambaran  dengan mengekspos salah satu Reseptor gambar menggunakan sinar X disebut

radiografi. Setiap langkah dalam melakukan Prosedur radiografi harus diselesaikan secara akurat untuk memastikan bahwa informasi gambaran yang terekam maksimal. Informasi yang didapat dengan melakukan pemeriksaan radiografi umumnya menunjukkan adanya atau

tidak adanya kelainan atau trauma. informasi ini membantu dalam diagnosis dan pengobatan  pasien. Akurasi dan perhatian terhadap detail sangat penting dalam pemeriksaan radiologi.

Radiografer harus teliti  dengan hasil radiografi. Untuk mengembangkan kemampuan menganalisis radiograf dengan benar dan untuk mengoreksi atau mencegah kesalahan dalam melakukan pemeriksaan, radiografer harus mempelajari radiograf dari sudut pandang berikut:

1.   Superimposisi: anatomi terhadap ukuran, bentuk, posisi, dan angulasi harus sesuai .
2.   Struktur yang berdekatan: Masing-masing anatomi harus dibandingkan dengan struktur  dan ditinjau untuk memastikan bahwa strukturnya ada dan ditampilkan dengan benar.
3.   Densitas Optik :  Densitas Optik didefinisikan sebagai tingkat kehitaman bila dikaitkan dengan film radiograf .
4.   Kontras: Kontras, atau perbedaan kepadatan antara dua area pada radiograf, harus cukup untuk melihat  perbedaan radiografi struktur yang berdekatan dengan jaringan yang berbeda kepadatan. Faktor pengendali utama kontras radiografi adalah puncak kilovoltase (kVp). Untuk sistem pencitraan digital, resolusi kontras dikendalikan terutama oleh nilai kecerahan setiap pixel.
5.  Resolusi spasial: Resolusi spasial, sebelumnya disebut detail rekaman, menggambarkan kemampuan memvisualisasikan hal kecil
Resolusi spasial dikendalikan oleh hal-hal berikut: 
• IP fosfor (digital) 
• Detektor (digital) 
• Geometri
• Jarak
• Ukuran titik fokus
• Gerakan
• Film
Intensifying Screen (IS) 
6. Magnifikasi : magnifikasi merupakan  pembesaran gambar. Harus mengontrol  jarak objek ke kaset ( Image Receptor ), jarak tabung x ray ke kaset. 
7. Distorsi bentuk: Distorsi bentuk bagian tubuh dikendalikan oleh sudut sinar, objek IR.
6.   

Comments

Popular posts from this blog

sifat -sifat sinar alfa, beta, gamma dan X

BNO Sonde

TEKNIK kV TINGGI ( High kV Technique )