RADIOGRAFER ADALAH

Radiologi merupakan suatu pelayanan kesehatan yang mencakup pencitraan diagnostik dan terapi radiasi.Seorang radiografer adalah ahli radiologi yang menggunakan ionisasi radiasi untuk melakukan prosedur radiografi. Radiografer menghasilkan gambar radiografi atas permintaan orang yang mempunyai lisensi praktisi medis, biasanya seorang dokter.

Radiografer berinteraksi dengan pasien untuk  menghasilkan gambar diagnostik, menggunakan keterampilan teknis yang dikombinasikan dengan pengetahuan anatomi, fisiologi, dan patologi. Mereka harus mengevaluasi gambar untuk kualitas teknis, akurasi, dan kesesuaian terhadap diagnosis atau alasan prosedur. Hal ini memerlukan pemikiran kritis dan penerapan pertimbangan profesional.

Tanggung jawab mendasar radiografer adalah  memastikan bahwa setiap radiasi paparannya adalah “serendah yang dapat dicapai secara wajar,” atau ALARA.

Tanggung jawab perawatan pasien dari radiografer meliputi komunikasi, penilaian, pemantauan, dan dukungan. Pasien ditanyai untuk memastikan bahwa

prosedur yang akan dilakukan sama dengan

riwayat klinis.  Dan hak pasien untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan menyetujui prosedur pemeriksaan.

Sebagai anggota tim layanan kesehatan, radiografer mempunyai tanggung jawab bersama untuk mendukung dan memajukan misi penyedia layanan kesehatan tempat mereka bekerja.

Hal ini termasuk terus menilai kinerja profesional, serta berpartisipasi aktif dalam inisiatif peningkatan kualitas. Untuk menjamin keselamatan pasien dan kualitas perawatan, setiap radiografer harus mematuhi kode moral dan etika dari profesi tersebut.

 


Comments

Popular posts from this blog

sifat -sifat sinar alfa, beta, gamma dan X

BNO Sonde

TEKNIK kV TINGGI ( High kV Technique )